Tutorial Game Mario dengan Basic Processing
Bismillahirrohmanirrohim
Assalamu'alaikum Wr. Wb
Hi sobat.. kali ini saya akan posting tentang sebuah aplikasi desain dengan menggunakan source code, aplikasi ini memang kurang begitu populer saat ini, hanya sedikit artikel indonesia yang mengulas aplikasi hebat ini, tapi untuk kemampuannya jangan ditanya lagi dah. aplikasi ini bebas di download (free) & bisa anda download diwebnya secara langsung. Aplikasi ini adalah Processing.
Processing adalah bahasa pemrograman dan
lingkungan pemrograman (development environment) open source untuk memprogram
gambar, animasi dan interaksi. Digunakan oleh pelajar, seniman, desainer,
peneliti, dan hobbyist untuk belajar, membuat prototipe, dan produksi.
Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam
konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak (software) dan
tool produksi profesional. Processing biasa digunakan untuk analisa suatu
object dengan bahasa pemrogramannya sendiri yang sederhana.
Bagaimana serukan aplikasi ni tertarik untuk mempelajarinya, langsung
aja ke tutorial dibawah ini!
Mari membuat Game Mario.
Kami telah melihat
beberapa dasar-dasar pembuatan game menggunakan pustaka game Processing.js,
jadi mari kita menaikannya dengan hanya turun dan membuat game Super Mario
sendiri. Ketika kita selesai dengan bagian tutorial ini, kita akan memiliki
permainan dengan pasukan koopa, platform yang dapat kita lewati tetapi tidak
jatuh, lubang dengan tanaman muncher yang mengerikan, koin, termasuk koin naga
misterius, peluru billi banzai raksasa yang muncul entah dari mana, dan bahkan
beberapa hal canggih seperti tidak benar-benar menempatkan musuh di level dari
awal, tetapi hanya sesaat sebelum Anda sampai ke tempat yang seharusnya.
Dan itu akan sangat manis. Mari kita mulai!
Dan itu akan sangat manis. Mari kita mulai!
Pemberhentian pertama: kita membutuhkan
Mario
Oke, hampir. Sebelum pemberhentian pertama, kita memerlukan game dengan
setidaknya satu level yang memiliki setidaknya satu level layer sehingga kita
bahkan dapat meletakkan mario di suatu tempat. Sama seperti yang kami lakukan
terakhir kali. Jadi mari kita cracking :
- dia bisa berdiri di sekitar,
- kadang-kadang dia berkeliling,
- dia juga suka melompat-lompat, dan
- sayangnya, dia bisa mati = (
Jadi, mari cari beberapa
gambar untuk semua hal yang berbeda ini :
Anda akan melihat bahwa
beberapa negara bagian ini menggunakan banyak gambar. Ini memungkinkan kita
menciptakan ilusi "animasi": jika kita mengitari gambar cukup cepat,
itu akan terlihat seperti animasi Mario, dan itu bagus! Jadi mari kita buat Mario! Dan kemudian mari tambahkan Mario ke dunia kita :
Pemberhentian pertama: kita membutuhkan Mario
Mari kita buat Mario sedikit menarik. Pertama, kita perkenalkan gravitasi. Kami memperkenalkan tiga nilai global baru :
1 float DOWN_FORCE = 2;
2 float ACCELERATION = 1.3;
3 float DAMPENING = 0.75;
Kita akan mengatur kecepatan akselerasi Mario. Untuk memastikan kekuatan-kekuatan itu berlaku untuk Mario, jadi kami memodifikasi konstruktor kami :
1 float DOWN_FORCE = 2;
2 float ACCELERATION = 1.3;
3 float DAMPENING = 0.75;
Kita akan mengatur kecepatan akselerasi Mario. Untuk memastikan kekuatan-kekuatan itu berlaku untuk Mario, jadi kami memodifikasi konstruktor kami :
Luar biasa! sekarang Mario ada di tanah, tapi masih belum berbuat banyak. Jadi, waktu untuk menghubungkan kontrol. Kami akan menggunakan "WASD" kontrol lagi, sehingga 'W' berarti "naik", 'A' berarti "kiri", 'S' berarti ..., baik kita tidak benar-benar akan menggunakan 'S' , tetapi 'D', berarti "benar".
Kita akan setting Mario sehingga ketika kita berjalan ke kiri atau ke kanan, kita benar-benar menunjukkan sebagai berlari, dan ketika kita melompat, kita benar-benar terlihat seperti sedang melompat, bertahan ke celana Anda, yang ini adalah biggy :
1 void initialize() {
2 addScreen("level, new MarioLevel(width, height));
3 frameRate(30);
4 }
Memoles Interaksi Mario
Sementara penanganan input yang kami lakukan
berhasil, Anda mungkin memperhatikan bahwa itu melakukan hal-hal lucu ketika
Anda melompat dan berlari ke kiri atau kanan pada saat yang bersamaan. Jadi
mari kita perbaiki itu. Alih-alih membuat melompat ke keadaan normal, mari kita
membuatnya istimewa. Ini berarti kita harus melakukan dua hal :
1) mengatakan bahwa melompat adalah keadaan
khusus, dengan durasi tertentu, dan
Memanfaatkan
active.mayChange()
, kita sekarang dapat mengatakan: "Jika kita diizinkan untuk
mengubah status, kemudian periksa apakah tombol yang sedang berjalan ditekan.
Jika demikian, ubah status menjadi berjalan. Jika tidak, ubah ke hanya berdiri
di sekitar, sedang diam". Jadi sekarang kita harus bisa melakukan kekuatan
super aneh melompat lagi jika kita melompat dan pindah ke kiri atau kanan pada
saat yang bersamaan :Jadi, sekarang kita memiliki Mario yang cukup terkontrol dengan baik, saya pikir sudah waktunya kita menggoyang permainan ini sedikit dengan beberapa ketampanan. Apa yang kamu pikirkan ?
untuk melanjutkan ke tutorial selanjutnya silahkan klik link dibawah ini!
Part 2 :
https://aldi1blogger.blogspot.com/2018/12/microsoftinternetexplorer4-0-2.html
Part 3 :
Terima kasih kepada sedulur semua yang sudah berkunjung ke blog saya, jangan lupa untuk meninggalkan saran atau komputer untuknya kebeneran datangnya dari Allah SWT dan kesalahan dan kehilafan itu datang nya dari diri saya sendiri.
Wassalamualaikum Wr. Wb
boleh kenalan sama adminnya?
ReplyDeleteboleh gan dengan senang hati :D
Deletementel juga kamu ya
Deletekarna kamu yg ngajarinnya
Deleteemang kita kenal?
Deletemungkin sekarang belum, tapi pecayalah besok namamu ada didalam kk keluargaku
Delete:D
DeleteIni diskusi apaan -_-"
Deletesiyap @Ahmad
Deletediskusi masa depan @Barry
Hahaha
Deletegak tau nih orang modus aja nanya padahal pengen kenalan
Keren, keren sekali, keren aja
ReplyDeletekeren banget dah yg komen
DeleteGood. Tapi bisa di compile ke mobile gak? Sekarang kan zamannya game mobile.
ReplyDeletebelum di coba pak, untuk sekarang masih diprocessing pak. Besok insya Allah bakal dicoba compile di mobile pak :D
Deletewah keren sekali, sangat bermanfaat ๐
ReplyDeletethankyou sis ๐
DeleteMantap gan๐๐๐
ReplyDelete๐๐
cucok aah๐
DeleteMantul gan ๐
ReplyDeletethankyou gan, tunggu postingan saya selanjutnya ya gan๐
DeleteB aja sih menurut saya hmm
ReplyDeleteTerima kasih atas masukannya Bapak Mahfauzan, untuk selanjutnya kami akan membuat postingan yang lebih baik lagi. keep support my blog๐
DeleteWaahh keren nih๐
ReplyDeletethankyousomuch sister๐
DeleteMenarik. Program ini menggunakan satu class saja atau beberapa class?
ReplyDeleteini menggunakan beberapa class gan
Deletebahasanya agak kaku
ReplyDeletesalfok kalimat paragraf terakhir ya Allah ๐คฃ๐คฃ
ReplyDeleteAstagfirullah, sumpah gak tau siapa yg ganti kalimat-kalimatnya-__-
Deletemanalah yang icy maksud?
Deletekata-kata penutup itu kan? awalnya bukan itu serius
Deleteiya, masa "jangan lupa meninggalkan saran dan komputer" ๐คฃ
Deletemantap gan, ditunggu postingan selanjutnya๐ฅ๐ฅ
ReplyDeleteThankyou om, keep support my blog๐ฅ
DeleteSiap gan
Deletememintar :))
Deletekeren min, lanjutkan (y)
ReplyDeleteNice min
ReplyDelete