Tutorial Game Mario dengan Basic Processing


Bismillahirrohmanirrohim
Assalamu'alaikum Wr. Wb

Hi sobat.. kali ini saya akan posting tentang sebuah aplikasi desain dengan menggunakan source code, aplikasi ini memang kurang begitu populer saat ini, hanya sedikit artikel indonesia yang mengulas aplikasi hebat ini, tapi untuk kemampuannya jangan ditanya lagi dah. aplikasi ini bebas di download (free) & bisa anda download diwebnya secara langsung. Aplikasi ini adalah Processing.

Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman (development environment) open source untuk memprogram gambar, animasi dan interaksi. Digunakan oleh pelajar, seniman, desainer, peneliti, dan hobbyist untuk belajar, membuat prototipe, dan produksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak (software) dan tool produksi profesional. Processing biasa digunakan untuk analisa suatu object dengan bahasa pemrogramannya sendiri yang sederhana.

Bagaimana serukan aplikasi ni tertarik untuk mempelajarinya, langsung aja ke tutorial dibawah ini!

Mari membuat Game Mario.

Kami telah melihat beberapa dasar-dasar pembuatan game menggunakan pustaka game Processing.js, jadi mari kita menaikannya dengan hanya turun dan membuat game Super Mario sendiri. Ketika kita selesai dengan bagian tutorial ini, kita akan memiliki permainan dengan pasukan koopa, platform yang dapat kita lewati tetapi tidak jatuh, lubang dengan tanaman muncher yang mengerikan, koin, termasuk koin naga misterius, peluru billi banzai raksasa yang muncul entah dari mana, dan bahkan beberapa hal canggih seperti tidak benar-benar menempatkan musuh di level dari awal, tetapi hanya sesaat sebelum Anda sampai ke tempat yang seharusnya. 
Dan itu akan sangat manis. Mari kita mulai!

Pemberhentian pertama: kita membutuhkan Mario

Oke, hampir. Sebelum pemberhentian pertama, kita memerlukan game dengan setidaknya satu level yang memiliki setidaknya satu level layer sehingga kita bahkan dapat meletakkan mario di suatu tempat. Sama seperti yang kami lakukan terakhir kali. Jadi mari kita cracking



membentuk kosong, tetapi untuk semua maksud dan tujuan fungsional, dunia permainan yang kita dapat tetap Mario.


  • dia bisa berdiri di sekitar,
  • kadang-kadang dia berkeliling,
  • dia juga suka melompat-lompat, dan
  • sayangnya, dia bisa mati = (
Jadi, mari cari beberapa gambar untuk semua hal yang berbeda ini :
  1. Berdiri di sekitar : 
  2. Berlari : 
  3. Melompat : 
  4. Kekalahan : 
Anda akan melihat bahwa beberapa negara bagian ini menggunakan banyak gambar. Ini memungkinkan kita menciptakan ilusi "animasi": jika kita mengitari gambar cukup cepat, itu akan terlihat seperti animasi Mario, dan itu bagus! Jadi mari kita buat Mario! 



Dan kemudian mari tambahkan Mario ke dunia kita :




Pemberhentian pertama: kita membutuhkan Mario

Mari kita buat Mario sedikit menarik. Pertama, kita perkenalkan gravitasi. Kami memperkenalkan tiga nilai global baru :

    1   float DOWN_FORCE = 2;
    2   float ACCELERATION = 1.3;
    3   float DAMPENING = 0.75;

Kita akan mengatur kecepatan akselerasi Mario. Untuk memastikan kekuatan-kekuatan itu berlaku untuk Mario, jadi kami memodifikasi konstruktor kami : 





Luar biasa! sekarang Mario ada di tanah, tapi masih belum berbuat banyak. Jadi, waktu untuk menghubungkan kontrol. Kami akan menggunakan "WASD" kontrol lagi, sehingga 'W' berarti "naik", 'A' berarti "kiri", 'S' berarti ..., baik kita tidak benar-benar akan menggunakan 'S' , tetapi 'D', berarti "benar".





Kita akan  setting Mario sehingga ketika kita berjalan ke kiri atau ke kanan, kita benar-benar menunjukkan sebagai berlari, dan ketika kita melompat, kita benar-benar terlihat seperti sedang melompat, bertahan ke celana Anda, yang ini adalah biggy :





Secara default, perpustakaan game akan menjalankan game kami pada 60 frame per detik. Itu benar-benar tinggi, jadi mari kita atur ke 30 sebagai gantinya :

    1    void initialize() {
    2        addScreen("level, new MarioLevel(width, height));
    3        frameRate(30);
    4    }



Memoles Interaksi Mario


Sementara penanganan input yang kami lakukan berhasil, Anda mungkin memperhatikan bahwa itu melakukan hal-hal lucu ketika Anda melompat dan berlari ke kiri atau kanan pada saat yang bersamaan. Jadi mari kita perbaiki itu. Alih-alih membuat melompat ke keadaan normal, mari kita membuatnya istimewa. Ini berarti kita harus melakukan dua hal :
1) mengatakan bahwa melompat adalah keadaan khusus, dengan durasi tertentu, dan
2) pastikan penanganan input memperhitungkan bahwa kita mungkin tidak dapat mengubah keadaan saat Mario melompat. Ayo pergi:



Memanfaatkan active.mayChange(), kita sekarang dapat mengatakan: "Jika kita diizinkan untuk mengubah status, kemudian periksa apakah tombol yang sedang berjalan ditekan. Jika demikian, ubah status menjadi berjalan. Jika tidak, ubah ke hanya berdiri di sekitar, sedang diam". Jadi sekarang kita harus bisa melakukan kekuatan super aneh melompat lagi jika kita melompat dan pindah ke kiri atau kanan pada saat yang bersamaan :



Jadi, sekarang kita memiliki Mario yang cukup terkontrol dengan baik, saya pikir sudah waktunya kita menggoyang permainan ini sedikit dengan beberapa ketampanan. Apa yang kamu pikirkan ?

untuk melanjutkan ke tutorial selanjutnya silahkan klik link dibawah ini!
Part 2 :
https://aldi1blogger.blogspot.com/2018/12/microsoftinternetexplorer4-0-2.html

Part 3 :
https://barryanand.blogspot.com/2018/12/membuat-game-super-mario-dengan_22.html
    

Terima kasih kepada sedulur semua yang sudah berkunjung ke blog saya, jangan lupa untuk meninggalkan saran atau komputer untuknya kebeneran datangnya dari Allah SWT dan kesalahan dan kehilafan itu datang nya dari diri saya sendiri.

Wassalamualaikum Wr. Wb


Comments

  1. Good. Tapi bisa di compile ke mobile gak? Sekarang kan zamannya game mobile.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum di coba pak, untuk sekarang masih diprocessing pak. Besok insya Allah bakal dicoba compile di mobile pak :D

      Delete
  2. wah keren sekali, sangat bermanfaat ๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  3. Mantap gan๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
    ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. thankyou gan, tunggu postingan saya selanjutnya ya gan๐Ÿ‘

      Delete
  5. Replies
    1. Terima kasih atas masukannya Bapak Mahfauzan, untuk selanjutnya kami akan membuat postingan yang lebih baik lagi. keep support my blog๐Ÿ‘

      Delete
  6. Menarik. Program ini menggunakan satu class saja atau beberapa class?

    ReplyDelete
  7. salfok kalimat paragraf terakhir ya Allah ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astagfirullah, sumpah gak tau siapa yg ganti kalimat-kalimatnya-__-

      Delete
    2. kata-kata penutup itu kan? awalnya bukan itu serius

      Delete
    3. iya, masa "jangan lupa meninggalkan saran dan komputer" ๐Ÿคฃ

      Delete
  8. mantap gan, ditunggu postingan selanjutnya๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ

    ReplyDelete

Post a Comment